Jumat, 23 September 2011

Mitos dan fakta seputar relik

Relik atau dalam bahasa pali disebut Maha Saririka Dhatu atau Sarira adalah sisa tubuh dari seseorang yang mencapai kesucian saat di kremasi.Sisa tubuh ini sebagian besar berubah menjadi kristal-kristal kecil,menurut Maha Parinibbana Sutta,setelah Sang Buddha di Kremasi,tubuhnya meninggalkan relik-relik yang kemudian disimpan dalam 8 kendi,dalam kendi tersebut isi reliknya semua sama rata.Kemudian seorang Brahmana membagikan secara sama rata relik-relik tersebut kepada 8 Kerajaan Besar.Yang menjadi pertanyaannya,mengapa sekarang banyak diselenggarakan pameran relik dimana beberapa reliknya diberikan label misalnya : Relik darah Buddha,otak Buddha,Hati Buddha.Padahal relik-relik yang dibagi pada maha parinibbana sutta tersebut sudah tidak dapat diidentifikasi karena dibagi secara sama rata,

Demikian pula sekarang,sudah banyak dibuat tiruan relik-relik palsu yang dijual di pasar kaki lima di sebuah negara.Hal ini diperkuat dengan semakin maraknya pembagian relik secara cuma cuma,padahal relik adalah sebuah barang yang langka dan harus disimpan secara hormat,

Mitos mengatakan bahwa relik dapat bertumbuh besar dan dapat berlipat ganda (terutama relik Buddha) jika kita berbuat baik,dan dapat menghilang apabila diterlantarkan dan kita berbuat jahat.Tetapi,umat Buddha yang mengerti pasti tahu,relik bukanlah sebuah objek yang magis,yang penuh dengan hal-hal gaib,melainkan sebuah simbol akan perjuangan seseorang yang mampu menyelami Dhamma dan mencapai tingkat kesucian.Jika seandainya benar bahwa jika relik diterlantarkan maka akan menghilang,Relik Y.A Maha Moggalana dan Y.A Sariputta yang selama beribu-ribu tahun diterlantarkan di reruntuhan Sanchi,hingga akhirnya ditemukan tahun 1923 pasti sudah tidak akan ditemukan dan akan hilang dari sejarah.


Saya mempunyai relik dari Sang Buddha dan 2 Murid utamanya yang saya dapatkan dari seorang senior,sampai sekarang pun relik2 tersebut tidak bertambah banyak,dan tidak memecahkan stupanya karena bertambah besar.


Moga2 post ini dapat bermanfaat bagi kita semua

Sabbe satta Bhavantu Sukhitata :)

4 komentar:

  1. Brrti relik anda palsu :D, bktinya relik tmn aq yg Maha Mogallana dari 1 butir skrg brtmbah mnjdi 3 butir. So jgn menjudge sesuatu gk bner hanya krn punya kamu gk bgitu. Think again.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Relik bisa bertambah banyak jika si pemilik relik menjaga sila, rajin baca paritta dan meditasi setiap hari, dan banyak melakukan perbuatan yg menghasilkan karma baik.

    BalasHapus
  4. bisakah hubgi saya di 082154060089, saya sangat ingin melihat relik yg asli🙏

    BalasHapus